Berita

Subjek Osthomate Gathering


Pendahuluan

Sebagian besar kanker saluran cerna memerlukan pembedahan stoma, sebagai pengganti saluran eskresi sisa metabolisme . Stoma yang dibuat dapat bersifat sementara (temporer) atau menetap (permanen).

Pada klien yang menggunakan stoma terjadi suatu perobahan yang tidak biasa dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, Suatu kegiatan biologis rutin yang selama ini dilakukan secara normal melalui anus, harus berpindah melalui dinding perut (abdomen). Perobahan yang terjadi, tidak mudah dapat diterima pasien dan keluarga, karena perobahan lokasi dan pola buang air besar ini akan menimbulkan berbagai dampak biopsikhososiospiritual.

Menjalani hidup dengan stoma dapat merupakan hal yang menakutkan pada awalnya, akan tetapi setelah adanya support dan coaching dari perawat professional (Entherostomal Therapists Nurse / ETN), serta dukungan, motivasi dan sharing antar sesama ostomate (pasien dengan stoma), akan meningkatkan rasa percaya diri klien, sehingga kembali dapat melaksanakan aktivitas rutin seperti biasanya.

Untuk itu persiapan biopsikososiospiritual klien yang akan dilakukan tindakan pembuatan stoma sangat penting dilakukan baik sebelum operasi dilaksanakan, maupun setelah operasi selesai. Salah satu bentuk tindakan persiapan pada pembuatan stoma yang harus dilakukan perawat berupa pemberian informasi dan edukasi, tentang stoma, nutrisi, perawatan dan edukasi lain yang berkaitan dengan kesehatan dan stoma.

Disamping itu adanya pertemuan rutin berupa gathering bagi para penyandang stoma akan sangat membantu, terjadinya saling berbagi pengalaman dan informasi dalam menjalani kehidupan baru dengan stoma.

Berdasarkan permasalahan diatas dalam rangka menyambut hari Paliatif sedunia pada tanggal 8 oktober 2016 Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (HIMPONI), bersama SMF Bedah Digestif dan Focus Interest Group (FIG) Perawat Entherosthomal Therapists (ETN) RS. Kanker Dharmais menyel;enggarakan gathering pasien stoma yang sudah lebih dari 10 tahun tidak dilaksanakan.

TujuanPesertaNarasumberTempat & tanggalJadwal kegiatan
Tujuan umum:

Meningkatkan kualitas hidup klien dengan stoma

Tujuan khusus:

  1. Meningkatkan pemahaman ostomate dan keluarga tentang perawatan stoma.
  2. Meningkatkan motivasi para penyandang stoma, keluarga dan tenaga kesehatan lain dalam upaya peningkatan kualitas hidup ostomate
  3. Saling berbagi pengalaman diantara ostomate, keluarga dan tenaga kesehatan lain

Peserta free (tidak dipungut bayaran)
Target peserta kegiatan gathering ini adalah 150 orang yang terdiri dari:

  1. Ostomate dan keluarga
  2. Pemerhati stoma / relawan

Narasumber pada kegiatan ilmiah gathering ini terdiri dari dokter, perawat ETN dan Psikolog Senior berpengalaman.
Kegiatan gathering ini akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 4 September 2016, bertempat di Auditorium RS Kanker “Dharmais”

Osthomate Gathering

Rs.Kanker “Dharmais” Minggu, 4 September 2016

Waktu Materi Narasumber
07.30 - 08.00 Registrasi peserta Panitia
08.00 - 08.30 Pembukaan Ketua Panitia
08.30 - 09.00 Key Note Speech Ketua YKI DKI Jakarta
09.00 - 09.30 Konsep Dasar Pembedahan stoma & Penatalaksanaannya DR. dr. Ajoedi Sp.BD.Onk.
09.30 - 10.00 Perawatan Stoma Ns. Ria Andjarwati SKp, ETN
10.00 - 10.30 Hidup bahagia dengan stoma Bapak Teguh Rahayu (Survivor stoma)
10.30 - 11.00 Aspek psikososial penyandang stoma & penatalaksanaannya Dra. Tika Bisono M.Psi
11.00 - 11.30 Diskusi
11.30 - 13.00 Sesi edukasi & konsultasi Ns Hardian SKep., ETN.,

Ns. Helen SKep., ETN

Ns Sara Tania., Sp.KMB., MN., ETN
12.00 - 13.00 Ramah tamah & makan siang bersama

Posted in Berita.