Berita

Subjek HIMPONI mengadakan kampanye anti-tembakau serentak di enam provinsi di Indonesia

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Himponi, diselenggarakanlah kampanye antitembakau secara serentak pada hari Kamis, 18 Oktober 2018. Kampanye ini diadakan di RS Kanker Dharmais, Jakarta; SMA Negeri 2 Bantul, Yogyakarta; RSUP Dr Karyadi dan RSUD Tugurejo, Jawa Tengah; RSUP Sanglah, Denpasar, Bali; RSUD Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulawesi Selatan; dan RSU Adam Malik Medan, Sumatera Utara.

Penyelenggaraan di setiap lokasi berlangsung meriah. Pengurus daerah dan wilayah HIMPONI di masing-masing provinsi tersebut sama-sama membentangkan spanduk besar berisikan deklarasi anti tembakau yang ditandatangani perwakilan rumah sakit dan para pengunjung untuk menyatakan komitmen melawan tembakau. Selain itu, di seluruh lokasi diadakan pemutaran film berdurasi sekitar lima menit berisi pesan singkat tentang ‘mewabah’nya rokok di Indonesia, bahaya merokok, dan testimoni dari seorang mantan perokok berat. Talkshow tentang bahaya rokok juga dilakukan di masing-masing daerah. Semua program ini berujung pada pesan untuk menghindari rokok.

Selain program yang seragam tersebut, masing-masing pengurus HIMPONI daerah juga berkreasi dengan program antitembakau yang lain. HIMPONI Yogyakarta berhasil menghimpun 100 orang siswa SMA 2 Bantul dan mengadakan lomba foto dengan tema gerakan anti merokok. Foto-foto tersebut diunggah ke akun instagram @himponidiy sehingga semakin dapat dilihat dan diakses oleh anak-anak muda yang lain, populasi yang paling rentan mengawali kecanduan merokok. Selanjutnya akan diadakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA tersebut agar program ini dapat semakin berdampak.

lil

lol

Di Makassar, para pengurus HIMPONI melangsungkan rangkaian program kampanye anti tembakau ini di RSUP DR Wahidin Sudirohusodo. Sejumlah 50 orang pasien dan keluarganya antusias mengikuti penyuluhan bahaya rokok dan penandatanganan deklarasi anti tembakau yang diadakan di poliklinik umum dan gedung Infection Center rumah sakit tersebut. Sementara itu, video berhenti merokok diputar terus-menerus hingga berita ini diturunkan.

Pasien dan keluarga yang mengikuti penyuluhan bahaya rokok di RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan

Pasien dan keluarga yang mengikuti penyuluhan bahaya rokok di RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar, Sulawesi Selatan

Sementara itu di Bali, kampanye serentak anti tembakau dalam rangka ulang tahun HIMPONI berlangsung tak kalah meriah. Kegiatan penandatanganan deklarasi antitembakau diikuti puluhan orang dan dirangkaikan dengan kegiatan penyuluhan bahaya rokok. Pelepasan balon ke udara tidak hanya menambah kemeriahan acara tetapi juga sebagai symbol untuk menjauh dari bahaya rokok.

Antusiasme penandatanganan deklarasi anti tembakau di Bali

Antusiasme penandatanganan deklarasi anti tembakau di Bali

Kampanye serentak anti tembakau juga dilaksanakan dengan sukses oleh DPW Himponi Sumatera Utara. Kegiatan diawali dengan penandatanganan deklarasi “Mendukung Gerakan Anti Tembakau” oleh komunitas RSUP H. Adam Malik (pasien, keluarga dan karyawan), dilanjutkan dengan Talk Show bahaya merokok oleh Departemen Paru dan Lomba mewarnai yang diikuti anak-anak penderita kanker. Para peserta mengatakan bahwa dengan adanya kampanye anti tembakau ini sangat memotivasi pasien, keluarga dan seluruh karyawan untuk berhenti merokok dan mendukung gerakan anti tembakau.

Pada hari kampanye tersebut ada beberapa peserta yang berkomitmen untuk berhenti merokok.

Para perawat onkologi HIMPONI Sumatera Utara besama pemenang lomba mewarnai untuk gerakan anti tembakau

DPD HIMPONI Jawa Tengah bahkan menyelenggarakan kampanye serentak antitembakau ini di dua tempat sekaligus, yaitu RSUP dr Karyadi dan RSUD Tugurejo, Semarang, Jawa Tengah. Pada hari kampanye tersebut ada beberapa peserta yang berkomitmen untuk berhenti merokok.

Kegiatan penyuluhan, pemutaran film bahaya rokok, dan penandatanganan deklarasi antitembakau diikuti puluhan pasien dan keluarga di poliklinik dua rumah sakit tersebut. Sementara itu, DPD HIMPONI Jawa Timur memasang spanduk mendukung gerakan antitembakau di RSUD Dr Soetomo dan FKP Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur. HIMPONI Jawa Timur akan melaksanakan kampanye anti tembakau secara khusus di bulan November.

Penyuluhan bahaya rokok oleh DPD HIMPONI Jawa Tengah

Penyuluhan bahaya rokok oleh DPD HIMPONI Jawa Tengah

Spanduk dukungan gerakan anti tembakau di Surabaya Jawa Timur

Spanduk dukungan gerakan anti tembakau di Surabaya Jawa Timur

Di Jakarta, kegiatan kampanye serentak antitembakau diselenggarakan dengan penuh semarak di lobby utama RS Kanker Dharmais. Kegiatan ini diikuti seluruh jajaran direksi RS Dharmais, yang kemudian mengawali penandatanganan deklarasi anti tembakau. Pengurus HIMPONI bergabung dengan para perawat, dokter, pasien, keluarga pasien, dan karyawan yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan pemutaran film pendek, penyuluhan bahaya rokok, flash mob, dan berbagai hiburan. Diantara peserta penyuluhan, beberapa menyampaikan akan menyebarluaskan informasi penting ini yang didapat tentang bahaya merokok ini ke keluarganya. Ada pula yang menyatakan akan membawa anggota keluarganya yang perokok berat untuk mendapatkan intervensi berhenti merokok. Pada kesempatan ini, hasil karya para pasien anak dengan kanker ditampilkan dengan menarik di tengah lobi utama, dan para pemenangnya diberikan penghargaan di puncak acara.

Ratusan tanda tangan deklarasi gerakan anti tembakau di RS Dharmais Jakarta

Ratusan tanda tangan deklarasi gerakan anti tembakau di RS Dharmais Jakarta

lil

lol

Kampanye ini menunjukkan itikad kuat HIMPONI untuk berada di garis depan dalam pencegahan kanker melalui pengendalian rokok. Rokok terbukti menjadi penyebab langsung dan berhubungan dengan berbagai jenis kanker dan penyakit serius lainnya. Kampanye ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan dengan skala yang lebih luas dan sistematis. [AM]

Posted in Berita.