Berita

Subjek Pelatihan Kemoterapi Bagi Perawat Angkatan 2 HIMPONI Jateng

Keterangan

Kemoterapi merupakan salah satu modalitas terapi utama untuk penyakit kanker disamping surgery (pembedahan) dan radioterapi. Kemoterapi merupakan tindakan pemberian obat-obatan sitostatika yang bertujuan membunuh dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Obat-obat kemoterapi perlu diwaspadai karena menimbulkan berbagai efek samping bagi pasien dan bisa berdampak pada petugas yang terkena paparan. Oleh karena itu perlu penanganan khusus, dengan alat khusus dan petugas yang terlatih.

Perawat memiliki peranan yang penting dalam penatalaksanaan kemoterapi, dari tahap pengkajian pasien (pra kemo), pemberian (intra kemo) sampai setelah kemo (post kemo). Karena itu perawat perlu memiliki pengetahuan dan kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugasnya. Dalam kenyataan di lapangan, masih banyak perawat yang bertugas di ruang kemoterapi namun belum tersertifikasi.

Demi mendukung peningkatan kompetensi dan sertifikasi perawat onkologi, HIMPONI Jawa Tengah kembali menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Pasien Kanker dengan Kemoterapi Angkatan ke 2 pada tanggal 21-24 Agustus 2019 setelah sebelumnya diadakan kegiatan serupa pada tanggal 23-26 Januari di tahun yang sama. Kegiatan ini diikuti oleh 37 perawat onkologi dari berbagai daerah bukan hanya wilayah Jawa Tengah namun juga propinsi lain seperti Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Yogyakarta, Jakarta dan sebagainya.

“Animo perawat khususnya bagian kemoterapi untuk mengikuti pelatihan ini sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan walaupun registrasi sudah kita close karena kuota yang terbatas, namun masih banyak yang hendak mendaftar, sehingga terpaksa kita tolak dan kita minta menunggu untuk pelatihan yang akan datang” demikian ungkap ketua panitia Santoso, S.Kep, Ners, M.Kep disela-sela kegiatan di Hotel Pandanaran Semarang, Rabu (21/9 2019).

Pria yang juga Ketua DPW Himponi Jateng ini menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan DPP Himponi Pusat untuk meningkatkan kompetensi perawat dan mengupdate perkembangan terakhir di bidang pelayanan keperawatan kanker. Adapun untuk pemateri dari dokter-dokter onkologi, dokter patologi anatomi, apoteker dan perawat-perawat senior dari RS Kanker Dharmais Jakarta.

Selain mendapat teori berkaitan dengan asuhan keperawatan pasien kanker, peserta juga mendapat pengajaran praktek pemberian obat kemoterapi, penanganan tumpahan obat kemoterapi dan penatalaksanaan ekstravasasi. Selain itu, peserta juga diajak hospital tour ke Onkologi Center RSI Sultan Agung Semarang untuk melihat langsung proses dispensing obat sitostatika dan pelayanan kemoterapi disana.

Ketua DPP Himponi Pusat Dr. Kemala Rita Wahidi, S.Kp, Sp.Kep.Onk, MARS, ETN menyatakan apresiasi kepada DPW Himponi Jateng yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dan mendorong DPW lain untuk mengadakan kegiatan serupa. Sementara itu mewakili peserta Ns. Ngatmi, M.Kep, Sp.Kep. An yang berasal dari RS Fatmawati Jakarta merasa senang mengikuti pelatihan ini karena mendapat banyak ilmu baru, mengenal perawat-perawat onkologi dari daerah lain dan bisa menikmati keindahan kota Semarang.

Posted in Berita.